Bisul

Bisul (bahasa Latin: abscessus) adalah sekumpulan nanah (neutrofil mati) yang telah terakumulasi di rongga di jaringan setelah terinfeksi sesuatu (umumnya karena bakteri atau parasit) atau barang asing (seperti luka tembakan/tikaman). Bisul adalah reaksi ketahanan dari jaringan untuk menghindari menyebar nya barang asing di tubuh.

Organisme atau barang asing membunuh sel sekitarnya, mengakibatkan keluarnya toksin. Toksin tersebut menyebabkan radang, sel darah putih mengalir menuju tempat tersebut dan kemudian meningkatkan aliran darah di tempat tersebut.

Struktur terakhir bisul adalah dinding bisul yang terbentuk oleh sel sehat untuk mencegah barang asing tersebut masuk ke dalam tubuh dan mencegah terkena nya sel lain. Namun, enkapsulasi ini berfungsi untuk mencegah sel imun untuk menyerang bakteri atau barang asing di bisul.
Gejala :

1.Mula-mula kulit terlihat memerah dan membengkak
2.Akibat perlawanan sistem kekebalan tubuh cairan kekudingan (nanah) terlihat berkumpul di bawah kulit yang kemerahan, dan pembengkakan semakin membesar
3.Karena kelenjar minyak di bawah kulit letaknya berdekatan, maka bisul terlihat seakan meluas ke kulit di sekitarnya

Faktor pemicu :
  1. Faktor kebersihan : bisul akan mudah terjadi pada orang yang kurang menjaga kebersihannya dan pada daerah – daerah yang padat serta tempat pengungsian.
  2. Daerah Tropis : Orang yang hidup di daerah tropis dengan udara yang panas akan mudah berkeringat dan akan lebih mendukung untuk munculnya bisul.
  3. Menurunnya daya tahan tubuh : Daya tahan tubuh dapat menurun karena kurang gizi dan gangguan darah (anemia, keganasan,diabetes)

Penggunaan Hydroxygen Plus efektif untuk mengatasi bisul, caranya dengan mengoleskan ke area yang terkena bisul.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar